Categorized | Semarangan

Simpang Lima Tempo Doeloe

Posted on 02 March 2007 by budiyono

simpang lima

Dapat hasil scan foto-foto ini dari teman. Kurang jelas kapan foto2 ini diambil, mungkin yang masih bisa mengenali Simpang Lima waktu itu bisa memberikan perkiraannya? Foto2 ini kemungkinan diambil dari tempat yang dulu disebut dengan GOR Semarang, yang kini telah diganti menjadi Mall Ciputra.

Pertama pemandangan sekitar Masjid Baiturahman. Terlihat, menara masjidnya masih dalam tahap penyelesaian. Hiya, ditangga masjid itulah Loenpia.net pertama kali bediri. Tapi itu cuma setahun yang lalu ding :)

simpang lima

Kemudian pemandangan lapangan Simpang Lima. Lapangannya belum ditinggikan seperti sekarang ini. Suasananya juga masih bersih dan teratur. Penjual kaki lima masih jarang. Gak ada mobil yang parkir seenaknya di jalan. Langitnya juga masih bersih dari baliho dan papan2 iklan yang kini sumpek merusak pemandangan.

simpang lima

Kemudian pemandangan sekitar tempat yang kini sudah berubah manjadi area perbelanjaan Courts. Bukit Gombel yang terlihat di kejauhan juga masih bersih dari berbagai macam tower seperti sekarang ini.

Sebenarnya foto aslinya sudah bulukan, kalau mau lihat contohnya, seperti dibawah ini, tapi untunglah dengan teknologi sekarang bisa diperbaiki hingga bisa dilihat seperti diatas itu. Jadi bisa di kira2 sendiri Bagaimana wajah Semarang beberapa tahun yang lalu.

simpang lima

86 Comments For This Post

  1. budiyono Says:

    Pertama!!
    penulis berhak komen pertama :))

    Ayo.. yang sempat menjalani hidup pada masa itu, coba dijelaskan keadaannya gimana? Kira2 itu tahun berapa ya?

  2. Nev Says:

    Tahun berapa ya….
    kayaknya sejak aku lahir di semarang simpang lima udah lebih padat daripada itu…
    menuruku itu masih sekitar tahun 70-an

  3. toni as Says:

    Wah inget banget tuh masa itu..
    Di tempat yang sekarang Plaza Simpang Lima itu dulu namanya
    Wisma Pancasila. Yap, dulu GOR, sekarang CitraLand.
    Dulu Bioskop GajaMada, sekarang Robinson. Jauh sebelum Courts, dulu ada toko Mickey Morse (bukan Mouse lho), kalo ga salah tempat pertama yang ada eskalator (paling ga yang pernah aku datengin, satu lagi ada di Jln Depok). Masjid masih seperti dulu.

    Beruntung masih punya foto2 ini. Jaman itu kamera tergolong barang mewah.. hehehe

  4. Yogie Says:

    Wah… wah…
    yang jelas aku masih inget blom ada Citraland tu sewaktu aku masih kecil banget… mungkin aku masih TK dengan idung penuh umbel itu ya?

  5. sesy Says:

    kalau diliat dr bentuk mobilnya terutama sedan dan mobil2 kotak itu kyanya sih sekitar 70 or awal 80an max. kl 90an kynya gak mungkin

  6. kakek garing Says:

    duh kakek inget banget tuh.. waktu itu nenek pernah kehilangan sendal di masjid baiturrahman abis pulang joging di gor yang itu tuh..
    ckckck emang ya jaman segitu.. masih asyik banget..
    jaman-jaman john lennon masih pake kawat gigi, bob marley rambutnya masih cepak gaya army look dan si kurt cobain baru belajar megang gitar..
    aduuh jadi kangen nih sama nenek..
    nenek…
    ailapyu..

  7. tomboati Says:

    Hm….
    wah jadi inget dulu klo ke smg turun di kampung kali, mampir di LPKSI (Lembaga Pendidikan Komputer Sentral Informatika) eh…sekarang masih ada nggak ya?
    kemudian jalan lewat RS Telogorejo maklum punya temen yg di SPK lalu…ke Jl. Aggrek
    Nah….Mampirnya ke Warung Kaset di Kaki GOR Semarang/ Mickey Mouse….he…3x

  8. sapi Says:

    edan…
    diliat dari mobil yg ada: vw combi masih ada, colt mitsubishi masih, kijang kotak sabun masih, angkot hijet 1000, hardtop..

    sekitar tahun 70-an akhir, ah, i missed that time (padahal rung lahir :d)

  9. teresa Says:

    wuih…seru…hehe….asik punya nih postingannya!!
    eh, jangan salah lho, mobil begituan awal 80 an masih wara-wiri,liat aja koleksi archieve film-film dari Roy Marten sampe Rhoma Irama!!! hehe….
    tapi waktu aku kecil (jangan dibahas kapan…),kayaknya masih sayup-sayup ingat pemandangan kayak gitu…
    anyway, nice posting! hidup mas Budi!!! :)

  10. Mie Ramen Says:

    Semarang seaktu MAsih Cantik, kalo sekarang dah penuh sesak ma pedagang,kendaraan mall dan Hotel yang tata letaknya semrawut.. horra genah blass…

  11. ikankoi Says:

    seingatku dulu citraland itu adalah apa ya..semacam gelanggang olah raga, aku masih ingat waktu itu ketika masih kecil aku menghadiri pengajian akbar Zaenudin MZ, ketika sudah gede aku mendapati tempat tersebut udah jadi citraland

  12. jiban Says:

    masih mending kaliyan dari pada aku…dulu aku malah gak inget apa-apa tentang simpang 5

  13. kian Says:

    wuah hebat neh..masih punya foto jaman jebot..masih lumayan bagus lagi…dari dulu semarang udah puanas ya…wuihh..sing penting hati warganya adem2…

  14. zam Says:

    weh.. manteb itu..

    emang, foto-foto tempat di masa lalu sering menggugah keingintahuan kita, bedanya apa sih dengan sekarang?

    mantab!!

    pengen ke semarang lagi.. yg kemarin belom puas!!!

  15. huda Says:

    hmmm… aku tinggal di Semarang baru SMA.. tapi dulu waktu kecil pernah sih ke semarang, n udah rame

  16. escoret Says:

    mmm..tribal bgt..!!!!
    apik tenan..!!!!

  17. orang semarang Says:

    bicara tentang semarang tempo dulu ini ada link yang menyimpan arsip foto-foto semarang tempo doeloe.

    http://www.semarang.nl

  18. yustinus.saputra Says:

    ihik..jadi pengin nangis..
    aku inget pernah nyanyi acara natalan PGRI di wisma pancasila (Matahari, skrg.)..nonton pingpong di GOR..

    Masih ada nggak ya yang maen bola di simpangbola ?
    ….udah bertahun-tahun merantau di tanah orang..

  19. ardi Says:

    wah,keren jg gambarnya..
    Simpang lima di masa lampau

    Ada yg punya lg gak photo2 kota semarang tempo dulu?
    Jd pgn ngliat gmn bentuknya jl.pahlawan,pemuda,gajah mada wkt dulu :-?

  20. noenk_Q Says:

    oooooooooooo ternyata kyk gni ti semarang tempo doelo………. :-?:-? br tw aq.. :-w bagoez bgt ya!

  21. ahmad Says:

    Klo minta hasil scan fotonya boleh ga?

  22. Teddy Says:

    dulu di depan GOR ada warung makan seafood Bu Nani… enak banget kepiting nya… nyam… Seafood Bu Nani ini cabang dari Pekalongan. Gak tau deh, sekarang masih ada gak Seafood Bu Nani ini…

  23. burgeRkeju Says:

    jadi inget waktu nonton konser God Bless di GOR sekitar tahun 1986, waktu itu GOR masih berdiri dengan megahnya…

    yang paling gw inget sampai sekarang adalah “sego goreng STIGMA” – jajanan wajib dari SMA sampai sekarang kalau gw pulang dari perantauan

  24. BunSal Says:

    *dulu di depan GOR ada warung makan seafood Bu Nani..*

    skarang adanya Bu Nani [k] yang Bundanya Salwaa :D

    tapi, tinggalnya di Banyumanik dink…bukan di depan GOR :P

  25. yohana Says:

    Ada lb Nyanyi ? Hub sy yaaa,tq

  26. granita Says:

    ehm….saya jadi ingat waktu saya masih kecil, diajak ortu ke pasar Johar Semarang beli baju.padahal saya dari luar kota.sekarang saya kuliah di Semarang n sering hunting2 foto di daerah kota kota lama ‘cuz bangunannya itu lho…keren2!pengalaman masuk&menjelajahi bangunan lawang sewu…ih…serem!!!!tapi sekarang Semarang panas, sering banjir…

  27. You One Says:

    salam kenal….:d

    Q rindu semarang…jadi Q buka situs tentang semarang…
    Aku rindu semarang :((

    minta foto2 semarang yg baru dung /:)
    Q tunggu ya….

  28. nugroho Says:

    Wah Simpang lima jaman poto kusem niyy…..
    motonya dari GOR Simpang 5, kayaknya taon 80-an yah…..th 88 itu GOR masiyy ada buat lomba band antar SMA , dan aku sempet 2 kali ikut jadi suporter sekolahku, kakyaknya GOR wafat awal 90an

    Uhh andaikan saja ada mesin waktu aku pasti akan kembali ke taon tersebut

    Weyyy yg tersisa cuman mesjid baiturahman saja sama Plasa Simpang 5 (sekarang E-Plasa) ya……

    upload lagi dunk poto2 semarang tempoe doloe

  29. Ira Says:

    ya gw jadi kangen ama semarang. udah lama banget gw kagak pulang ke semarang. sekarang semarang kayak apa ya? yang jelas pasti nggak separah jakarta kan?:)

  30. iyoel Says:

    simpang lima udh banyak berubah..sdh sumpek, gak seperti tau 80an, masih ada GOR buat festival band sma, ikut 2 kali..mas tomboati..emang dulu pernah di LPKSI ya..tau berapaan ? semarang tuh enak..adem ayem kotanya..sekarang mungkin udh padet kali ya simpang lima !!!:((

  31. Tadea Says:

    Halooo…./:)
    Ternyata Simpang lima temo dulu itu lebih luas daripada sekarang dan tidak terlalu banyak polusi udaranya.Bagoes..bagoes..bagoes

  32. poncosmg Says:

    :)wisma pancasila dijadikan plasa simpanglima/matahari sekitar awal 1990, setelah itu baru GOR jateng di ruislag, jadi citraland.
    Simpanglima dulu hari minggu untuk tempat jogging, sekarang jalan-jalan + belanja:-?

  33. bagas Says:

    walo bukan artis tp aku adalah org yg sering main kekota2 di seluruh indonesia dan bagiaku tetep semarang is the best

  34. mahayyu Says:

    nek di poto itu jelas tahun 1980-an sebelum 1989. wong gedung pancasila masih ada. waktu aku kecil suka nonton acara di situ,misalnya peragaan busana. juga suka jalan-jalan di GOR karo mbah kakung, sekitar tahun 1983-1986. wah seneng banget kalo ingat masa kecil dulu. termasuk waktu ndak sadar kalo tidur di atas banjir di sawah besar.
    saya seneng liat poto2 tempo dulu, jadi tenk q atas potonya.

  35. nizar Says:

    kalo ak inget tetang semarang ak inget waktu aku ikut soting flem ‘Gie’ dikota lama! pokoe seru ngaggo bgt………..serasa ak hidup50 thun yang lalu,denan pakean ala 50an! wis pokoe semarang asik……..

  36. Joewono Says:

    Wis…Pokoe mboseni ning semarang..kota ne ora maju-maju kayak owonge..he:d..sing maju pasti pindah…simpang lima maju ne juga mergo akeh ***** ne he:d….

  37. supriyanto Says:

    Tahun 76 nonton Chicha Koeswoyo tampil di GOR Simpanglima yang megah.
    Tahun 78 aku kelas satu STM Pembangunan, bangga karena sekolah berada disekitar Simpang Lima. Kalau olah raga jogging mengitari Simpang Lima, masih sepi dan segar.Sekolahku jadi tempat Lomba Vocal Group SLTA dan SLTP. Wah kenangan indah….

  38. renfro Says:

    aku masi inget kekna taun 80an nonton sirkus di GOR simpang lima..sekarang jadi citraland

  39. tyo Says:

    semarang yng skarang emang dah rame& bising bget, tpi jmn dlu panasnya udara semarang sm dngan masa sekarang g sih??:d:d:):-?:-?:-?
    Mungkin foto trsebut diambil skitar tahun 1970an coz kliatan dari warna yang msh jadul bgt… tp OK bget kq:d/:d/:d/:-";);):)>-:)>-
    I Love Semarang:x:x:x

  40. gayatri Says:

    ada yag bisa bantu tentang informasi hotel siranda??????semarang

  41. arga Says:

    wkakakakak…”jamu jago”nya gag nguati……
    tahoen berapa yaw kira2??

  42. bang doel Says:

    Kulo nuwun sedoyo …
    saya selalu searching foto foto kuno semarang neh sampe sampe koleksi saya cukup banyak juga dari 1900 an sampe 1950 an, tapi begitu liat poto simpang lima ini ini saya langsung bengong , ternyata yang taun 80 an kayaknya asik juga yah…
    kalo mau tau pastinya itu poto taun berapa gampang kok…..
    liat aja plat nomer kendaraannya bers khan ? .. he ..he .. just kidding .. so upload terus dong yang era 70 and 80 an
    I love my semarang

  43. pudji Says:

    disamping toyota hard top ada mobil putih,
    mobil itu adalah mitsubishi minicab yang diproduksi mulai tahun 1977

  44. arif djati Says:

    Wah, jadi terharu…ingat jaman SMP dan SMA di Semarang (82 – 85), ya masih kaya gitu deh simpang lima, masih ada wisma Pancasila, plasa simpang lima, mickey Morse yang dibawahnya ada toko kaset Leopard sekaligus persewaan kaset video betamax :).
    Terakhir ke Semarang lagi kemarin bulan Juli sudah banyak berubah, pengen nostalgia tapi tempat2 nongkrong yang dulu sudah gak ada lagi :(.
    Yang tidak berubah soto semarang, rasanya masih tetep kaya doeloe.

    Salam,

    arif djati

  45. fuadi lkirom Says:

    simpang lima secara cepat dan pasti , mulai berubah dari zaman ke zaman…. ingat dulu pas ada pertunjukan artis ibukota Adi bing slamet…. mbayar brapa yaaa tiketnyaa lupa… Rp.300,- kali yaaaaa… sekitar tahun 70 an…..

  46. teguh budianto/totok Says:

    Wah Nostalgia tenen iki, Th 75 masih ada GOR aku siswa SMA I kenal Denyom/cewek ayu disimpang lima trus nonton Bimbo di GOR. Asyik tenaan.
    apalagi aku aktif jadi pengebut disimpang lima,sampe pernah dirawat di RS.Elisabeth mergo nyungsep ditikungan tlogorjo.
    jaman itu simpang lima belum ada tempat makanan kayak sekarang.kalo lapar lari ke Kp Kledung Mi/nasi goreng Pak Joko. bravo semarangan. ngetam tenan kas.

  47. Nank Says:

    I Love Semarang, Someday I’ll be back to Semarang

  48. puji Says:

    1983, aku pentas di gor semarang.
    abis itu gak pernah ke semarang lagi.
    ke semarang tahun 1996. pangling aku….

  49. Agung Says:

    Lihat SimpangLimo, aku jadi ingat masa kecilku
    Sayang, aku dah hijrah dari tempat lahir dan masa kecilku
    Simpang5, tempat”Mlayu Esuk” alias maraton era 8an karo konco2 disekitar X’gawe menuju Simpang5,
    Aku kangen sama teman2 yang sudah kutinggal 25 tahun yang lalu
    kata orang kotaku itu sudah semrawut dan banjir rob dimana2, betulkah itu?
    Wahai sahabat dimana kalian semua

  50. agung-Sulawesi Says:

    Lihat gambar Simpang5 aku mendapat secercah harap untuk dapat kontak / ngumpulin temen2ku di SD Rejomulyo TP.1982. Sejak saat itu aku keluar tanah kelahiranku berarti sudah 27 tahun aku terpisah.
    Bila ada pembaca yang kenal aku, please contact me. Atau ada para blogger yang bisa bantu untuk mencari mereka?
    Sugeng Triyono, Samsu Rizal, Bambang Dibyo Iswardono,Asih,Hendro,dll
    Matur nuwun yo

  51. kI jAWOT Says:

    sugeng sadoyo para rawuh, potret itu pasti sekitar th 1986-1989 dilihat dari mobil dan tempat parkir. Betul itu God Bless achmad albar serta Nicki astrea pernah mejeng di GOR th 1986 karena aku juga nonton disitu malem Minggu. Pertama aku latihan senam KJS Jntung Sehat juga di lapangan parkir GOR SEKITAR 1979. DI TAHUN 1973 AKU JUGA PERNAH PAMERAN LUKISAN ANTAR SMA. Aku mewakili SMA III- IV pad waktu itu juga di jalan masuk GOR lt.2 yang nanjak itu. aku juga lihat acara kebut2an spd motor dan mobil di bunderan simpang lima itu saat malam minggu iyu. Dikaasan simpang Lima dulu pernah dicanangkan hanya sebagai kawasan Budaya saja bukan komersial seperti sekarang ini. Ini kn buatan Walikota dan Gubernur sebelum sekarang yang mengkhianati aspirasi warga Semarang di tahun 1970-1980an dulu

  52. Semarang Online Says:

    fotonya bagus jg senang berkunjung di sistus ini

    salam dari anak Semarang Online Bosssss

    Semoga tambah bagus websitenya

    MAJU TERUSSSS !!!!!!!!!!!!!!!!

  53. pontjo Says:

    Wah jadi ingat, dulu di wisma pancasila ada kegiatan yang heboh dan tidak pernah ada lagi sekarang, namanya festifal kartun dunia, CANDALAGA MANCANEGARA. Aku benarr terinspirasi. Wah pokoknya hebat deh Semarang dulu, teratur dan jalannya lebar2. Sekarang, wah jan sumpek tenan ik.

  54. carlie Says:

    ia………. jd inget dulu, pacaran sama RIRI…

  55. carlie Says:

    hai semarang………. mnta tlng klu ada yg kenal sama RIRI ;MAMA DyLa n
    VELY… please info ya…. febyqiu@yahoo.com

  56. ndoro achmad Says:

    Semarang kaline banjir. senadyan aku wis ora manggon nang Semarang nanging tetep nyanthol ning pikir.

  57. leo agung Says:

    haiiii……. simpang lima , tunggu aku minggu pagi .
    itu selalu jadi pikiranku menjelang tidur , sabtu malam .
    sepatu kets (olah raga ) sudah siap dibawah tempat tidur , raket badminton disampingnya .kayak ICUK SUGIARTO .

    konco-konco masih ada yg jual gelo-gelo nggak di simpang lima.
    22 th sudah ku tinggalkan kota kelahiranku .
    sd TARCISIUS , smp YORIS , sma SINT LOUIS , sma BETHESDA .
    jadi pengen pulang . outsider64_leo@yahoo.com

  58. galuh ajah Says:

    jadi inget pas tanding di gor pancasila dulu

  59. Bambang Dono Kuncoro Says:

    He he lihat foto lama memang mengasyikkan. Kata orang semarang : “Ncen asyik, kandanii..ok ! Dulu memang langit masih bersih dari baliho. Gedungnya masih jarang tidak terlalu tinggi. Sekarang banyak alih fungsi lahan dari permukiman menjadi daerah bisnis, jadi auranya juga berubah. Dulu masih terlihat kecantikan beberapa “home”, sekarang yang tampak kegiatan dol tinuku dengan irama kehidupan yang jauh lebih bergegas. Ekonomis apa bisa ya seirama dengan ekologis ?

  60. oonk Says:

    Angkatan 87…
    Jadi inget festival band antar SMA di GOR, trek2an di Pahlawan, STIQMA Simpang Lima (warung rakyat mahasiswa murah meriah), ngoce, knalpot telo, uuppsss great memory…

  61. pungki Says:

    Sepertinya tahun 1983 ke atas. Soalnya Masjid Baiturrahman sudah ada menaranya!

  62. kabut Says:

    aku sak pendapat karo Ki jawot, Gor simpang Lima,wisma Pancasila , micky mouse,kebut2an, sate kikil,iku tahun 80 an…, aku isih iling dodolan koran “Suara Merdeka” , ning GOR karo kanca2….

  63. pahlevGOODBOY Says:

    keren bgt kok masih ada yg punya foto ini ya..
    aku masih kelas 3 sd wktu diajak bpk ke miki morse beli perlengkapan kemah..hahaha..skg udah jd mall dsb..pangling tenan..jd kangen semarang,kgn indonesia..cah semarang merantau ke ostrali ndaa..haha

  64. dwijelita Says:

    Sudah 27 tahun kutinggalkan Semarang. Kini aku juga kengeeeeen dengan Semarang. Kapan ya..bisa berkunjung ke SEMARANG lagi ?

  65. EPP tegalsari Says:

    aku pernah ikut nari kelinci di GOR simpang 5 waktu masih TK Bayangkari Sriwijaya, kira-kira tahun 1975-76, waktu sma ada festival kartoon di wisma Pancasila!
    sayang periode 80an mulai berubah wajah, dengan wisma pancasila di ganti Matahari, dan GOR jd citraland

  66. Ki Jawot Says:

    sugeng siang-ndalu para rawuh,
    wis suwi tenan orang weruh Semarang. Piye saiki dadi apa ya, isih kerep banjir rob, hawa panas. Piye kabare konco2 Undip, SMA 3, aku isih kelingan karo kanca Undip Bachip, mBiok, rini, rudy, Noniek cah ekonomi kabeh angkt.74-77 piye kabare.Terus cah SMA 3: Ir Ririh, Bambang Cuk, saptorini, Titik Umar, Icum, Icah Icih, sony Tjahyadi, rini Erlangga, Okye Tutuarima Kyai saleh, ankt.73—76 piye kabare? Sapa sing dadi pentolan Semarang, Bachip, phd isih betah ning smg? simpang Lima ilang budayane ya? Isine mung kebak wong pada golek duit, nek biyen kebak wong pada golek sehat, mlayu2 minggu esuk, senam Jantung Sehat, mlaku2 sp Lima, wis pokoke sehat tennnnan. Salam ya saka Ki Jawot, Jakarta.

  67. Arqom Says:

    Foto itu diambil sekitar tahun 1985, karena menara Masjid selesai dibangun tahun 1990. GOR di bungkar tahun 1991 di ganti mall CL. karena saya tingal di pekunden Timur. Gambar di samping GOR sebelah timur ada Wisma Pancasila sekarang jadi matahari mall. samping selatan masjid masih tetap gedung Plasa simpang lima. itu bangun tahun 1980, dan Micky M. dibangun sekitar tahun 1978. sekarang ini saya tinggal jkt, tetapi setiap minggu saya pulang semarang. banyak sekali kota semarang menjadi kota kenangan saya.Pernah tahun 1977 simpang lima pernah dilanda banjir setinggi perut orang dewasa.Simpang lima dulu pernah juga menjadi tempat lomba MTQ tahun 1979, yang dibuka oleh Presiden soeharto. sekarang ini simpang lima sudah tidak seperti dulu lagi. saya dulu sering main video game di bawah GOR dan super maket micky M.

  68. boy Says:

    kalo lihat kualitas fotonya, itu foto awal 80-an, suasananya masih bersih dan asri dengan pepohonan di sekitarnya.

  69. bintang Says:

    alhamdullilah dulu saya masih sempat menikmati GOR yg skrg sdh jadi mall. waktu itu saya masih TK sekitar akhir tahun 80-an, diantar sama mendiang mbah kakung. jadi kangen masa kecil. ngomong-ngomong soal GOR Semarang yang dulu pernah ada di tengah kota, kenapa dulu ndak dipertahankan seperti GBK yang ada di Jkt, malah jadi mall. gedung olah raga yang ngga cuma sebagai tempat olah raga tapi juga sebagai tempat untuk saling berintaraksi, saling memberi energi positif, semangat untuk hidup. saya merasakan ini ketika saya lari pagi keliling GBK setiap hari Minggu (ngga selalu sih;sekarang saya tinggal dikota ini), bertemu dengan orang-orang yang selalu datang dengan penuh semangat entah untuk olahraga atau ngeceng,whatever-lah,tapi wajah-wajahnya selalu sumringah. mau datang sendirian atau rame-rame ngga jadi masalah. everybody smile to their own face :)

  70. indita berliantina Says:

    bagus..aku suka suasana zaman dahulu orangnya pada sopan dan ramah… kota bersih sehingga kita jalan- jalansi semerang zaman dahul enak bgt.. msh terlihat sejuk ,ga kya sekarang yang udh banyak polusi dan sering macet.

  71. indita Says:

    bagus..aku suka suasana zaman dahulu orangnya pada sopan dan ramah… kota bersih sehingga kita jalan- jalan di semerang zaman dahulu enak bgt.. msh terlihat sejuk ,ga kaya sekarang yang udh banyak polusi dan sering macet.

  72. Meswari Says:

    Kantor ku ternyata belum ada. Mungkin aku belum lahir

  73. sanny Says:

    semarang yg dlu lbh bagus dr yg skrg,,huft

  74. lare segoro Says:

    Simpang lima di tahun 80an, jadi ingat ayam grill n soto sulung di rumah makan akarsana, kantin di pintu pemain GOR, teri nasi dan kacang bumbu pedas di myosa….. lha koq malah panganan thok isine… he..he..he..

  75. chandra Says:

    waah ada alumni smaga yang komen, mana sekolahnya waktu SMA III/IV lagi, duku udah ada paskinya belum ya ??

  76. rezki Says:

    Simpang lima….th 1975 pertama kali aku mengunjungimu, belum ada Wisma Pancasila (sekarang Matahari) tapi sebuah taman dg patung ayam jago.
    Kini penuh kebisingan dan kemacetan….

  77. prasojo Says:

    itu foto sekitar 1985an…kuingat waktu itu aku pulang sekolah duduk-duduk di simpanglima…sambil lihat menara masjid..yg masih baru dibangun….dan kalo sore depan masjid selalu ada pedagang gilo-gilo… ( gerobag pakai senthir )…asyik waktu itu.

  78. gatoir Says:

    jamanku cilik tahun 80-an isih kelingan nonton tae kwon do ng GOR, ng bioskop gajahmada numpak motor vespa karo bapakku nda ..
    mesjid rung malih kuwi, nek tarwehan suwi banget pas sujud nggo merem turu. :)

  79. Didik Says:

    Walah, keblasuk ning web iki aku, ning malah seneng, pikirane dadi ngombro-ombro kelingan jaman biyen :-) Lamat2 kelingan, pas SD atau SMP gitu aku pernah ikut kejuaraan badminton piala walikota di GOR simpang lima. Dulu ikut klub badminton PB. Remaja di GOR trilomba juang. Saya SD-S1 di Semarang, terus kerja & berkeluarga di Jakarta & lanjut sekolah ke luar negri. Aku juga ngalami sego goreng STIGMA & nonton kebut2tan Jl. Pahlawan & sego goreng porsi buto tegalwareng. Ngalami juga bioskop kanjengan pasar Johar. Untuk teman2 SCOTH SMA 1 Semarang, semoga kalian sejahtera & sukses selalu.

  80. Santosa Says:

    Jadi ingat tahun 1985 kelas 5 SD sering main ke GOR. Masuknya lewat belakang (Jl. Anggrek) lompat pagar lalu naik tangga ke GOR lantai 2, lompat pagar lagi. Waktu itu senang sekali melihat pemandangan Simpang Lima dari GOR, pemandangannya persis seperti foto-foto di atas. Di lantai 1 depan GOR ada toko alat-alat olah raga, di samping ada permainan ding-dong dan ada kolam yang airnya kotor sekali.

  81. Tasya Says:

    Beda banget sama keadaan kota Semarang sekarang ini. Dimana-mana macet, apalagi malam inggu..beuh..bikin pusing,saking macetnya.

  82. iwan Says:

    Semarang makin terasa indah saat aku mulai belajar merantau..yg aku inget jaman sd pas ulang tahun, diajak bapak ibu dolan ng citraland, pas awal2e citraland mulai dibuka..

  83. Linda Says:

    Bapak ibu om tante mas mbak..ada yang tahu sejarahnya simpang lima? kalo ada share donk..pgn tau ceritanya nih..

  84. Johny-Kupang NTT Says:

    jadi kangen semarang okh…(semarangan) foto itu awal 80 an krn baru dibangun plaza theater sebrang jalan masjid baiturachman dibawah kaki mickey mouse sering minum jamu jago nya maestro jaya suprana yg sering bilang orang indonesia sering pelajari ilmu kelirumologi (mungkin sring mbalelo dari aturan hukum)
    kulish th 80-84 di mugas 1 okt th 83 batal konser duel rock god bless dan rollies krn gub ismail anti musik rock, 10 des 83 sempat nonton konser Fariz RM bersama grup Shymphony band idola saat itu…..
    semarang…..oh i don’t for get to remember…..

  85. wawan Says:

    maaf semuanya,…foto foto yg ditampilkan disini ini bukan foto foto semarang tempo doeloe.ini foto antara tahun 1984-1985…

  86. surya Says:

    tinggal di semarang tahun 80 – 87
    sekolah di SD kintelan (skr namanya SD Bendungan)
    rumah di mugas barat, kalo minggu pagi suka jalan jalan ke simpang lima
    abis itu makan serabi yg di jual mbok mbok di pinggir jalan (uenakkk tenan)
    bokap dulu suka ngajak jalan jalan ke taman tabanas (semarang atas)
    kalo ibu sering ngajak ke pasar randusari (dekat pandanaran)
    kalo gak salah ada tempat main ding-dong ya di dkt simpang lima
    liat foto foto diatas, jadi ingat lagi, jadi kangen jaman dulu ^_^
    makasih ya..

Leave a Reply

Tentang Loenpia

Loenpia dot net adalah wadah bagi para blogger Semarang dan sekitarnya, yang berdiri pada 15 Oktober 2005. Dengan tujuan bisa menjadi media bagi blogger yang mempunyai keahlian dan kreatifitas dalam bidang apapun, untuk bersama membangun citra Kota Semarang menjadi lebih baik dan maju.

>>> Cara Gabung Komunitas Loenpia.net

Rolin – Radio Loenpia

Kotak pesan


Loenpia.net Facebook