Simpang Lima Tempo Doeloe

budiyono

2 March 2007

92 thoughts on “Simpang Lima Tempo Doeloe

  1. sugeng sadoyo para rawuh, potret itu pasti sekitar th 1986-1989 dilihat dari mobil dan tempat parkir. Betul itu God Bless achmad albar serta Nicki astrea pernah mejeng di GOR th 1986 karena aku juga nonton disitu malem Minggu. Pertama aku latihan senam KJS Jntung Sehat juga di lapangan parkir GOR SEKITAR 1979. DI TAHUN 1973 AKU JUGA PERNAH PAMERAN LUKISAN ANTAR SMA. Aku mewakili SMA III- IV pad waktu itu juga di jalan masuk GOR lt.2 yang nanjak itu. aku juga lihat acara kebut2an spd motor dan mobil di bunderan simpang lima itu saat malam minggu iyu. Dikaasan simpang Lima dulu pernah dicanangkan hanya sebagai kawasan Budaya saja bukan komersial seperti sekarang ini. Ini kn buatan Walikota dan Gubernur sebelum sekarang yang mengkhianati aspirasi warga Semarang di tahun 1970-1980an dulu

  2. fotonya bagus jg senang berkunjung di sistus ini

    salam dari anak Semarang Online Bosssss

    Semoga tambah bagus websitenya

    MAJU TERUSSSS !!!!!!!!!!!!!!!!

  3. Wah jadi ingat, dulu di wisma pancasila ada kegiatan yang heboh dan tidak pernah ada lagi sekarang, namanya festifal kartun dunia, CANDALAGA MANCANEGARA. Aku benarr terinspirasi. Wah pokoknya hebat deh Semarang dulu, teratur dan jalannya lebar2. Sekarang, wah jan sumpek tenan ik.

  4. Semarang kaline banjir. senadyan aku wis ora manggon nang Semarang nanging tetep nyanthol ning pikir.

  5. haiiii……. simpang lima , tunggu aku minggu pagi .
    itu selalu jadi pikiranku menjelang tidur , sabtu malam .
    sepatu kets (olah raga ) sudah siap dibawah tempat tidur , raket badminton disampingnya .kayak ICUK SUGIARTO .

    konco-konco masih ada yg jual gelo-gelo nggak di simpang lima.
    22 th sudah ku tinggalkan kota kelahiranku .
    sd TARCISIUS , smp YORIS , sma SINT LOUIS , sma BETHESDA .
    jadi pengen pulang . outsider64_leo@yahoo.com

  6. He he lihat foto lama memang mengasyikkan. Kata orang semarang : “Ncen asyik, kandanii..ok ! Dulu memang langit masih bersih dari baliho. Gedungnya masih jarang tidak terlalu tinggi. Sekarang banyak alih fungsi lahan dari permukiman menjadi daerah bisnis, jadi auranya juga berubah. Dulu masih terlihat kecantikan beberapa “home”, sekarang yang tampak kegiatan dol tinuku dengan irama kehidupan yang jauh lebih bergegas. Ekonomis apa bisa ya seirama dengan ekologis ?

  7. Angkatan 87…
    Jadi inget festival band antar SMA di GOR, trek2an di Pahlawan, STIQMA Simpang Lima (warung rakyat mahasiswa murah meriah), ngoce, knalpot telo, uuppsss great memory…

  8. aku sak pendapat karo Ki jawot, Gor simpang Lima,wisma Pancasila , micky mouse,kebut2an, sate kikil,iku tahun 80 an…, aku isih iling dodolan koran “Suara Merdeka” , ning GOR karo kanca2….

  9. keren bgt kok masih ada yg punya foto ini ya..
    aku masih kelas 3 sd wktu diajak bpk ke miki morse beli perlengkapan kemah..hahaha..skg udah jd mall dsb..pangling tenan..jd kangen semarang,kgn indonesia..cah semarang merantau ke ostrali ndaa..haha

  10. aku pernah ikut nari kelinci di GOR simpang 5 waktu masih TK Bayangkari Sriwijaya, kira-kira tahun 1975-76, waktu sma ada festival kartoon di wisma Pancasila!
    sayang periode 80an mulai berubah wajah, dengan wisma pancasila di ganti Matahari, dan GOR jd citraland

  11. sugeng siang-ndalu para rawuh,
    wis suwi tenan orang weruh Semarang. Piye saiki dadi apa ya, isih kerep banjir rob, hawa panas. Piye kabare konco2 Undip, SMA 3, aku isih kelingan karo kanca Undip Bachip, mBiok, rini, rudy, Noniek cah ekonomi kabeh angkt.74-77 piye kabare.Terus cah SMA 3: Ir Ririh, Bambang Cuk, saptorini, Titik Umar, Icum, Icah Icih, sony Tjahyadi, rini Erlangga, Okye Tutuarima Kyai saleh, ankt.73—76 piye kabare? Sapa sing dadi pentolan Semarang, Bachip, phd isih betah ning smg? simpang Lima ilang budayane ya? Isine mung kebak wong pada golek duit, nek biyen kebak wong pada golek sehat, mlayu2 minggu esuk, senam Jantung Sehat, mlaku2 sp Lima, wis pokoke sehat tennnnan. Salam ya saka Ki Jawot, Jakarta.

  12. Foto itu diambil sekitar tahun 1985, karena menara Masjid selesai dibangun tahun 1990. GOR di bungkar tahun 1991 di ganti mall CL. karena saya tingal di pekunden Timur. Gambar di samping GOR sebelah timur ada Wisma Pancasila sekarang jadi matahari mall. samping selatan masjid masih tetap gedung Plasa simpang lima. itu bangun tahun 1980, dan Micky M. dibangun sekitar tahun 1978. sekarang ini saya tinggal jkt, tetapi setiap minggu saya pulang semarang. banyak sekali kota semarang menjadi kota kenangan saya.Pernah tahun 1977 simpang lima pernah dilanda banjir setinggi perut orang dewasa.Simpang lima dulu pernah juga menjadi tempat lomba MTQ tahun 1979, yang dibuka oleh Presiden soeharto. sekarang ini simpang lima sudah tidak seperti dulu lagi. saya dulu sering main video game di bawah GOR dan super maket micky M.

  13. kalo lihat kualitas fotonya, itu foto awal 80-an, suasananya masih bersih dan asri dengan pepohonan di sekitarnya.

  14. alhamdullilah dulu saya masih sempat menikmati GOR yg skrg sdh jadi mall. waktu itu saya masih TK sekitar akhir tahun 80-an, diantar sama mendiang mbah kakung. jadi kangen masa kecil. ngomong-ngomong soal GOR Semarang yang dulu pernah ada di tengah kota, kenapa dulu ndak dipertahankan seperti GBK yang ada di Jkt, malah jadi mall. gedung olah raga yang ngga cuma sebagai tempat olah raga tapi juga sebagai tempat untuk saling berintaraksi, saling memberi energi positif, semangat untuk hidup. saya merasakan ini ketika saya lari pagi keliling GBK setiap hari Minggu (ngga selalu sih;sekarang saya tinggal dikota ini), bertemu dengan orang-orang yang selalu datang dengan penuh semangat entah untuk olahraga atau ngeceng,whatever-lah,tapi wajah-wajahnya selalu sumringah. mau datang sendirian atau rame-rame ngga jadi masalah. everybody smile to their own face :)

  15. bagus..aku suka suasana zaman dahulu orangnya pada sopan dan ramah… kota bersih sehingga kita jalan- jalansi semerang zaman dahul enak bgt.. msh terlihat sejuk ,ga kya sekarang yang udh banyak polusi dan sering macet.

  16. bagus..aku suka suasana zaman dahulu orangnya pada sopan dan ramah… kota bersih sehingga kita jalan- jalan di semerang zaman dahulu enak bgt.. msh terlihat sejuk ,ga kaya sekarang yang udh banyak polusi dan sering macet.

  17. Simpang lima di tahun 80an, jadi ingat ayam grill n soto sulung di rumah makan akarsana, kantin di pintu pemain GOR, teri nasi dan kacang bumbu pedas di myosa….. lha koq malah panganan thok isine… he..he..he..

  18. waah ada alumni smaga yang komen, mana sekolahnya waktu SMA III/IV lagi, duku udah ada paskinya belum ya ??

  19. Simpang lima….th 1975 pertama kali aku mengunjungimu, belum ada Wisma Pancasila (sekarang Matahari) tapi sebuah taman dg patung ayam jago.
    Kini penuh kebisingan dan kemacetan….

  20. itu foto sekitar 1985an…kuingat waktu itu aku pulang sekolah duduk-duduk di simpanglima…sambil lihat menara masjid..yg masih baru dibangun….dan kalo sore depan masjid selalu ada pedagang gilo-gilo… ( gerobag pakai senthir )…asyik waktu itu.

  21. jamanku cilik tahun 80-an isih kelingan nonton tae kwon do ng GOR, ng bioskop gajahmada numpak motor vespa karo bapakku nda ..
    mesjid rung malih kuwi, nek tarwehan suwi banget pas sujud nggo merem turu. :)

  22. Walah, keblasuk ning web iki aku, ning malah seneng, pikirane dadi ngombro-ombro kelingan jaman biyen :-) Lamat2 kelingan, pas SD atau SMP gitu aku pernah ikut kejuaraan badminton piala walikota di GOR simpang lima. Dulu ikut klub badminton PB. Remaja di GOR trilomba juang. Saya SD-S1 di Semarang, terus kerja & berkeluarga di Jakarta & lanjut sekolah ke luar negri. Aku juga ngalami sego goreng STIGMA & nonton kebut2tan Jl. Pahlawan & sego goreng porsi buto tegalwareng. Ngalami juga bioskop kanjengan pasar Johar. Untuk teman2 SCOTH SMA 1 Semarang, semoga kalian sejahtera & sukses selalu.

  23. Jadi ingat tahun 1985 kelas 5 SD sering main ke GOR. Masuknya lewat belakang (Jl. Anggrek) lompat pagar lalu naik tangga ke GOR lantai 2, lompat pagar lagi. Waktu itu senang sekali melihat pemandangan Simpang Lima dari GOR, pemandangannya persis seperti foto-foto di atas. Di lantai 1 depan GOR ada toko alat-alat olah raga, di samping ada permainan ding-dong dan ada kolam yang airnya kotor sekali.

  24. Beda banget sama keadaan kota Semarang sekarang ini. Dimana-mana macet, apalagi malam inggu..beuh..bikin pusing,saking macetnya.

  25. Semarang makin terasa indah saat aku mulai belajar merantau..yg aku inget jaman sd pas ulang tahun, diajak bapak ibu dolan ng citraland, pas awal2e citraland mulai dibuka..

  26. Bapak ibu om tante mas mbak..ada yang tahu sejarahnya simpang lima? kalo ada share donk..pgn tau ceritanya nih..

  27. jadi kangen semarang okh…(semarangan) foto itu awal 80 an krn baru dibangun plaza theater sebrang jalan masjid baiturachman dibawah kaki mickey mouse sering minum jamu jago nya maestro jaya suprana yg sering bilang orang indonesia sering pelajari ilmu kelirumologi (mungkin sring mbalelo dari aturan hukum)
    kulish th 80-84 di mugas 1 okt th 83 batal konser duel rock god bless dan rollies krn gub ismail anti musik rock, 10 des 83 sempat nonton konser Fariz RM bersama grup Shymphony band idola saat itu…..
    semarang…..oh i don’t for get to remember…..

  28. maaf semuanya,…foto foto yg ditampilkan disini ini bukan foto foto semarang tempo doeloe.ini foto antara tahun 1984-1985…

  29. tinggal di semarang tahun 80 – 87
    sekolah di SD kintelan (skr namanya SD Bendungan)
    rumah di mugas barat, kalo minggu pagi suka jalan jalan ke simpang lima
    abis itu makan serabi yg di jual mbok mbok di pinggir jalan (uenakkk tenan)
    bokap dulu suka ngajak jalan jalan ke taman tabanas (semarang atas)
    kalo ibu sering ngajak ke pasar randusari (dekat pandanaran)
    kalo gak salah ada tempat main ding-dong ya di dkt simpang lima
    liat foto foto diatas, jadi ingat lagi, jadi kangen jaman dulu ^_^
    makasih ya..

  30. thn 97-01 sekolah di STM Pembangunan……simpang lima ruwet, sing ngatur preman ora pemkot…ketoke mending saiki….trotoare dadi apik, PKLe ditoto (tapi cibleke melu ditoto po ra yo ?)…tetep kangen semarang……(gilo2 + soto pak no thamrin)

  31. Wuih…keren bgt pokoke..meskipun sy bukan yg dulu2 bgt lahire nanging seneng tiap liat kota tercinta sy pd jaman dulu..seinget sy, dulu sll diajak jalan2 sm almh ibu tersayang ke Mickey Morse, bonbin Tegalwareng..Waaaah kgn bgt dg masa2 itu…:’) .diupload lg donk foto2 yg lainnya…

  32. wah keingetan jaman segitu…. festival band antar sma th 86…. wahhhh jhosss…. kangen waktu itu…..

  33. Saya Komen pertama di 2015 nih! Posting ini membuat aku mimpikan lagi ada SEC-SEC lain mau bikin Festival Band antar SMA, Lomba Vocal Group SMP-SMA. Saya slalu nonton Fest Band, tp aku pernah main di Auditorium STM Pembangunan dalam Lomba Vocal Group SMP tahun 83-84 mewakili SMPN 2 Semarang (Espero).
    Aset2 kota banyak dijual oleh pejabat kota dari waktu ke waktu seperti GOR Simpang Lima, Wisma Pancasila, GRIS (Gedung Rakyat Indonesia Semarang). STM Pembangunan juga nyaris dilego, untungnya para guru, alumni, dan warga semarang melawan sehingga gagal dilego.
    Salah satu yang mengenaskan adalah GRIS, ditukar guling dengan lahan dan bangunan yang tidak sepadan, demi juragan-juragan berkantong tebal agar bisa buka lapak di Paragon Mall. Entah aset semarang mana yang bakal “terjual” lagi, maka kita harus pinter2 pilih pejabatnya. Jadikan Semarang Setara dengan kota2 lain di Indonesia dan dunia.

  34. semarang….. potone tahun 87… pas aku smp kelas 1, taun taun itu ono potoku sing podo kayak poto iki, tiap taun diganti bentuk tanaman neng simpang limane.
    sd bandarharjo 1 lulus 86, smp 3, sma masehi 1
    tinggal neng baru tikung…
    semarang mbiyen asik… saiki juga asik 😀
    sayang durung sempat mulih meneh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *