Categorized | Semarangan

Masjid Agung Jawa Tengah

Posted on 07 September 2006 by budiyono

mesjid agung

Beberapa waktu yang lalu, Aku, Dendi dan beberapa teman mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Jalan Gajah, tak susah kok untuk menemukannya, dari jauhpun menaranya sudah keliahatan. Saking besarnya masjid ini, pertama kali ke sini agak bingung juga navigasinya, bahkan untuk sholat saja bingung, nih dimana sih ya?.. hehe dasar ndeso. Tapi lama-kelamaan hafal juga, apalagi setelah melihat keseluruhan bangunan ini dari atas menaranya.

Masjid ini sudah lebih dari setahun yang lalu dibuka dan telah digunakan untuk shalat Idul Fitri 1024 H yang lalu, walau demikian hingga sampai saat ini proses pembangunannya masih terus berlangsung. Pada halaman depannya saat ini sedang dipasang tiang-tiang raksasa untuk payung masjid. Menaranya juga masih dalam proses penyempurnaan. Menara Masjid Agung Jateng ini setinggi 99 meter atau equal dengan bangunan berlantai 19. Rencananya di lantai 2 menara itu akan dipakai sebagai perpustakaan untuk literatur Islam, sedangkan di lantai yang lain lagi akan dipakai sebagai musium kebudayaan Islam. Kita bisa naik sampai ke puncak menara dengan naik lift dan membayar Rp.2000,-. Sesampainya diatas pemandangannya benar-benar memukau, semakin menyadarkan kita akan keagungan-Nya. Suasananya segar, anginnya gila-gilaan, lain sekali ketika di dibawah yang panas ketika siang. Di puncak menara tersebut juga terdapat teropong-teropong pandang yang canggih. Kota Semarang bisa terlihat dari sana, sampai kapal yang hendak berlabuh di pelabuhan pun terlihat jelas. Untuk menggunakan teropong itu kita harus membayar Rp.1000,- untuk 1,5 menit pemakaian. Pokoknya kalau berkunjung ke Masjid Agung, sempatkanlah untuk naik ke menaranya ya.

mesjid agung
Full View: Barulah ketahuan bentuk bangunan keseluruhan Masjid Agung ini. megah ya.

Untuk Foto2 lainnya, klik link “Selengkapnya..”

mesjid agung under construction
Under Construction : Pemasangan payung-payung elektronik raksasa

mimbar mesjid agung
Mimbar : Bagian dalam dari ruangan utama Masjid Agung

mushaf mesjid agung
Mushaf : Mushaf Alqur’an raksasa yang ditulis oleh Drs. Hayat dari Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo

bedug mesjid agung
Bedug : Bedug Ijo Mangunsari yang ada di ruangan utama, di halaman juga ada bedug lain sih.

menara mesjid agung
Menara : Menara Masjid Agung, dilihat dari halaman utama.

pandangan dari menara mesjid agung
Viewtifull! : Pandangan dari puncak menara… ya noise gambar yang disebelah kanan itu sengaja hehehe.. :-p

71 Comments For This Post

  1. pepeng Says:

    wekkzz..keren bud….
    aku pernah sholat trawih di sini.hehhe

  2. faniez Says:

    Ntar pas bulan Ramadhan adain tarawih bersama nebeng di acara masjid agung yuk :D
    Bagus foto2nya… jd pengen segera kesitu :x

  3. Teguh Says:

    bangunannya memang megah
    diliat dari gombel aja, keempat menaranya keliatan menjulang…apalagi dari dekat
    hanya sayangnya, mungkin terbentur tradisi
    tradisi bisa membangun dengan wah dan megah
    tapi gak mampu merawatnya……:(:(

  4. dendi Says:

    postingannya pas banget..
    pas pertengahan bulan sya’ban..
    budiyono tobat??
    good good good
    aku kapan ya?

  5. fian Says:

    postinganmu ini kali bernuansa menyambut ramadhan ya bud hehehe, btw kalau ke masjid agung lebih indah saat sholat ashar sampai selesai maghrib dijamin pemandangannya biutipul :)

  6. rista Says:

    halah…. kok gak mampir ning rumahku thoo mas…

    padahal deket pake banged lhooo rumahku ma masjid agung….

    klo malem atau pas gie ada pameran ak sering banged ke masjid agung….

    klo ga ke menaranya …

    seruw…. :)

  7. her3 Says:

    bagus bamget masjid agung jateng seperti diluar negri aja………….

  8. HaviT Says:

    what’s up bro!!!

    aq pernah liputan di sini lho????

  9. Gondes Says:

    Haru : What’s up bro???
    Lucia: Nothing!!!
    Haru : How ‘r U??
    Lucia: ngapain lu tanya-tanya???

  10. memed Says:

    WAW jadi pengen itikaf dan jalan jalan ke masjid Agung negh bareng temen temen kantor :) abis liat foto foto masjid Agung yang Megah

  11. memed Says:

    :-j:-j

  12. dcta & selma Says:

    wey jan….

    keren euy…

    sumpret!!!!

    mangap.. ampe g bs mingkem gt dhe…

    hwahahaha…

    keliatan NDESO BUANGET-ik….

  13. fou_lyy Says:

    4JJI akbar subhanallah hanya dgan ssatu yg sbgitu kclny Kt DibUat TrPna tAs KbsAraN 4JJI,mh sC 4JJI yg mncptakan sGlNya DgN Bgtu InDAh….^_^

  14. ochi Says:

    aku lom prnh ke masjid agung semarang,aku baru lewat doang.emg masjidnya bagus and gede bgt.aku jg pgn msk kesono.mgkn kpn2 kali ya?amiiiiin.

  15. iink cantik Says:

    masjid Agung diperbesar lagi…
    parkir motornya bikin yang adem..
    klo naik lift jangan dorong-dorongan

  16. siti nurnabilah Says:

    Masjid ini memang mangkagumkan!Banyak-banyak masjid yg saya pernah mengunjungi,masjid inilah yg saya suka!Saya memang rindukan INDONESIA!Saya akan ke indon lagi! MESTI!HARUS!HEHE:d

  17. arie Says:

    MAJT … keren banget … and kalo kata indi baren “BAGOOOOS” hehehe … cuma pas dulu kesana panaaaasssssss buanget, datengnya pas siang, lupa ga bawa payung ! kebayang ga sigh panasnya … sebenernya pingin liat payungnya kebuka … kayaknya keren … payungnya dibuka pas ujan apa pas panas seih ??? ada yang bisa kasih tau ??? yah sapa tau kalo berjodoh bisa kesana lagi … Amin …

  18. k-IFA Says:

    masjid ini terlalu ke…….ren banget dan kesana kalau gak bw kamera n foto wah……………………… rugi banget……………………………. Tolong buanget di jaga n di rawat biar g rusak. okeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!sayang banget gitu loh kalau g di jaga ini masjid kebanggan kita semua.bae………………………..

  19. ticka07_smansa_smg Says:

    wuih…..masjid agung jateng bener2 apik teeenannn….
    Tadi nih tgl 12 februari 2007 aq ma temen2 aq dr smansa smg klas x.10 yaitu ada tya,dewi n iin..aq ma temen2 qu tuh lg bwt tugas ttg masjid agung jateng….masuk kali pertama g bisa dibayangin deh….pokoknya ni masjid baguuuussssss bgt…….gitu aja deh…dah maghrib neh……

  20. kokok beluk Says:

    masjid agung memang megah sekali,tapi kok nggak ada jama’hnya ya!

  21. plangy Says:

    [-(

  22. Atika Says:

    wau Masjid Agung bener-bener keren,
    sayang waktu aku ke sana
    gak sempet liat menaranya nih!
    tolong Masjid Agung Jawa Tengah dijaga dengan baik ya!
    setujuuuuuuuuuuuuuuu!

  23. ek Says:

    :-” masjid ini terkesan tak memiliki batas ruang pada layout tata ruang luar,sehingga saya bisa merasakan kemegahan masjid raya Semarang.

  24. nana Says:

    masjidnya kuereeeeeeen banget.
    oh ya gimana caranya biar aku bisa dapet info terus
    aku pengein ikutan acara2 yang diadain di masjid agung

  25. ari Says:

    :-?
    wuii….chh keren ya!!!ada lowongan buat krj situ ga ya..??klo ada kase tau aku ya,hik..hik

  26. iw@n Says:

    :x wow Masya Allah artistik dan penuh futuristik banget bangunanya. Itu menunjukan kalau ajaran yang di riaslahkan Nabi Muhammad SAW di tanah Jawa telah di terima di propinsi Jawa Tengah spesialya kota Semarang yang memiliki banyak Mesjid Agung yang salah satunya adalah Masjid Agung yang terbesar dan terindah indah ini.
    So salam ku dari Jakarta kepada Ari penjaga Menara. I MISS U & tunggu aku di kota Semarang

  27. adhityo legowo Says:

    yg pertama… tempatnya kurang aksesibel. mestinya masjid segede itu akses jalannya bagus, lebar, dan strategis. tapi yg sekarang? jalannya kecil, cuma satu lagi, yaitu jalan gajah. aku tau soalnya pernah ke sana. yg kedua… betul2 terasa kemegahannya. tapi mudah2an bisa menjadi pusat pergerakan. harus ramai aktivitasnya. jangan dijadikan tempat wisata saja. harus dimanfaatkan oleh elemen2 Islam utk memulai gerakannya. utk poin ini saya ga tau persis soalnya pas ke sana pas blm lama diresmikan. jadi blm keliatan gemericik pergerakannya.

  28. bagoos henry Says:

    ntar kalo lebaran tiba ngadain takbiran..bersama ustad yang terkenal.arifin ilhan,UJ.ato AA gim

  29. suwito Says:

    Saya sebagai warga semarang patut bangga tapi juga prihatin mempunyai Masjid Agung nan megah.
    Pada tgl 18 Juni 2007 saya mengunjungi Masjid Agung dan saya kagum akan kemegahan bangunan tersebut tapi di sisi lain saya sangat prihatin.Karena ketika saya masuk lebih dalam dan keliling area Masjid tersebut saya temui tidak selaras dengan bangunan yg serba megah dan mewah. Disana-sini saya temui sampah yang berceceran dan serba semrawut.Yang bikin saya heran adalah para pelayan tokonya khususnya akhwat tidak memakai kerudung atau jilbab tetapi pakain yg serba ketat.
    Yang lebih heboh lagi,dan saya tidak sengaja melihat pelayan tokonya sedang pacaran didalam tokonya (Noods Collection) berpangkuan.Dan yang dijual ditoko tersebut bukan baju-baju muslim tetapi cenderung ke baju yg seronok (kebarat-baratan).Nama tokonya aja sudah tidak mencerminkan Islami apalagi didalamnya.
    Saya berharap pihak pengelola bisa menertibkan hal tersebut.Semoga yg ikut baca komentar saya ini setuju dan mendukung atas ketertiban di area Masjid Agung yg dibanggakan warga Semarang.
    Jazakumllah!:((

  30. adhityo_legowo Says:

    ya mas aku juga setuju sama mas suwito. masjid jangan sampe dikomersilkan… pas aku ke sana lagi, kebanyakan bangunan dipakai buat kios dan butik. ada guidenya pula –> jelas utk tujuan wisata. di situ dijual juga gazebo seharga 1 juta lebih. di halaman depan bnyk sekali pedagang2 kaki lima. pagi2 ke sana, kebanyakan pengunjung dtg utk rekreasi. aq k sana bareng bapak krn pengen liat situasi. di situ ada pengajian ahad pagi tp relatif sepi. berbeda dg keadaan luar. pas tanya ttg kegiatan pemuda… baru ada kajian sepekan sekali… ya mudah2an itu jadi awalan yg bagus. coba pindahkan kampus undip atau unnes di deket situ, insya Allah langsung rame kegiatan Islamnya.

  31. andi Says:

    assalamualaikum?…..
    kl mnrt ku masjid agung jw tngh itu bangunannya megah**==

  32. ana Says:

    masjid agung bagus sie… tapi kalo siang panasnya ga ketulungan. kurang bgt pohon2nya. trus klo malam minggu pas jam sholat, lbh byk yang pacaran daripada ibadah. batas sucinya juga ga jelas. smoga kedepannya lebih bagus lagi deh.

  33. adi Says:

    pinter banget ya orang Semarang. bikin masjid guede banget.temen-temen percaya lo pas liat poto ku, aku bilang ini di madinah ;)

  34. FIRA Says:

    Aq pengen ktemu sm arsiteknya……
    aq jg pgn jd arsitek shebat dy….:d

  35. dYan NoRmaLIta SaRi Says:

    kayak madinah ya,he..buagus bngt jadi pengan ksana trs.Orang semarang jg ramah2 eh kota lamanya juga keren cm sayang kurang perawatan.i love islam:x

  36. liem Says:

    Siip tenan MAJT:):):)>-

  37. Alim Sltg Says:

    MAJT Siip tenan, Menarane duwur.yang ga tahan bisa pusing lho….tp oke Subhanallah

  38. yayapim Says:

    :d
    sippppppppppppp…………………tenaaaan
    wapiiiiiiiiiiiiiiik Lho ora ndelok geloooooo……………

  39. arief Says:

    :d wah saiki mbayare mundak Rp.2000 mending ngo tuku sego koceng wingenane kecewa.

  40. arief Says:

    petugase lift kurang ramah padahal kene mbayar……..di pecat rah wessss……..>:)

  41. tiut Says:

    Bagus mas’e, tampilin semua potensi Semarang, tanpa kecuali, biar ndak di comot ama negara lain. Biar terwujud Semarang Pesona Asia (yang beneran), MERDEKA!!! :d/

  42. isvia Says:

    oke banget,apalagi klo naik menaranya .pas malem2 ngliat pmandangan kota asyik banget coy

  43. isvia Says:

    pokok’e klo nggak ksitu nyesel banget :)>-:)>-

  44. ujang sumarna Says:

    Percaya gak kalu aku sering me MAJT dan aku belum puas jika belum membuka bogku ini dan ada yang lain di blogku ini masjidagungjawatengah.blogspot.com

  45. ISMUN Says:

    bagus

  46. ukik Says:

    Wwalah..aq kemaren pulang ke semarang kok tak jadi liat kesana ya…Wow.. Megah banget yac…
    Moga Orang2nya akhlaknya semegah bangunan masjidnya…:(

  47. fhiera Says:

    pas itu aq go to masjid agung jateng,pas dateng mata udah kmn-mn, masjid-nya ntu.. bagus…..bamget. yah..tp pas dateng ,menara -nya dah tutup padahal aq mo banget….
    padahal br jam limo,kok udeh tutup sich..

    tp masjid agung is okkkkkkkkkkkkkkk….se…dunia
    nih..aku mo ngasih saran sedikit aja..
    bolehkhan…
    -seharus-nya menara ntu tutupnya malem-malem lebih enak gitu

    udah lah..udh kebanyakan
    maklum org jakarta baru prtama kali..
    @-):)>-:((

  48. najoewa Says:

    teman2x masjidnya tuh bagus banget lho
    aku salut banget sama arsiteknya
    o->
    tapi pas kesana sendal om ku ilang :((
    masa masjidnya bagus keamanan nya kurang
    lebih ditingkatin lagi ya..keamanannya..^:)^

  49. fathu Says:

    wah,setelah pernah smp masjid agung jateng,emang megah.Tapi pas abis adzan tu ruangan di dktnya kok acaranya gak berhenti.terus ruangan sholatnya kok malah kurang luas gitu, kalah ama ruangan pertemuan,tu kan gak sesuai dg namanya masjid agung, megah luarnya tapi malah yag tuk sholat sempit.:o

  50. nazril Says:

    hai MAJT emg top abiz,dari bangunan,fasilitas sampe acra2nya q sk bgt…

  51. Hanie Says:

    Assalamu’alaikum semua..

    Wah,,wah,,masjid yg satu ini patut diacungi jempoL deh!

    Pernah beberapa kali kesana, dari pas jaman masih awal2 dibangun sampe pas udah jadi, wuiiih..makin takjub aja, SubhanAllah..! Ga ada matinya deh!! :)>-
    View-nya oke banget, apa lagi pas habis subuh,fiuh..kolaborasi siluet langit yg kemerahan + nuansa cahaya menara masjid yg masih terlihat keperakan di langit yg masih sedikit gelap oke banget!! Hehehe…

    Gw pernah denger penjelasan ttg filosofi bangunan mesjid ini,ternyata dalem banget bo’!
    Beneran deh, masjid ini ga cuma keren dari tampangnya aja, tapi juga maknanya, hehe..

    Anw,buat temen2 yg pengen tau/belajar arsitek masjid lebih banyak, dateng aja ke:

    http://www.arsitekturislam.multiply.com

  52. IQTIROBUL FUDLLA Says:

    assalamualaikum
    aq mau tanya gimana cara mengkopi lagu-lagu sholawat dari radio DAIS. alangkah baiknya dais mempunyai website sendiri dan menyediakan lagu-lagu sholawat agar kita semua bisa mengisi MP3 kita dengan lantunan-lantunan sholawat.
    I :x DAIS

  53. IQTIROBUL FUDLLA Says:

    Assalamualaikum

  54. budy Says:

    memng kbsrn Allah tiada tara hanya seijnNya lah masjid bisa brdri tgk

  55. Dahlia Says:

    Hallo there…

    Perkenalkan saya Dahlia, saat ini saya sedang membuat modul pelajaran IPS SD kelas 5 yang membahas tentang kerajaan Islam Indonesia.
    Untuk modul itu saya membutuhkan gambar-gambar Masjid Agung ini yang beratap tumpang dengan kubah diatasnya, juga menaranya, sekaligus tampak dalam masjid yang menampilkan Mihrab dan Mimbar.

    Bolehkah saya meminta foto-foto digital Masjid Agung yang saya butuhkan tersebut dari Mas Budiyono (betul namanya?)?
    Modul ini tidak untuk dijual, tapi untuk digunakan internal di sekolah saya saja.
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    Dahliani – dahlianis@yahoo.com

  56. Mimin Says:

    Wuih…. kweren fotone. Aku baru sekali ke Masjid Agung. Jadi pengin kesana lagi.

  57. geges Says:

    aw2, taon ini pengin ke sono. pnginapan-y brp duit ya?. tol. yg tahu info-y.

  58. Subiyantoro Says:

    Assalamu’alaikum

    9 tahun merantau di Bandung, kemarin Lebaran pulang mampir ke MAJT, sampai gak percaya di kota kelahiranku ada masjid semegah itu. Bagus banget, cuma sayang saat sholat kok sepi ya jamaahnya ?
    Usul ke pengurus nih, tata tertib yang sudah terpasang kurang terlihat dari luar, jadi bisa saja orang setelah melewati batas suci baru tahu aturan-aturannya.
    Yang kedua, wanita yg sedang haid tidak diperbolehkan masuk. Tapi jika dari arah parkir langsung naik ke atas (yang ada payungnya tuh)via tangga petugas tidak akan tahu. So aturannya sebaiknya diletakkan di batas area suci.
    Ketiga, penjaga lokernya harus selalu standby dong, biar pas ada yang mau nitip sandal dll bisa terlayani dengan baik.

    Kesimpulannya sih, aku pengen balik lagi ke Semarang kalau liburan ntar. Tahun ini Lebaran yang berkesan bis ake MAJT selain menikmati kemacetan di jalan.Buat pengunjung yang bawa anak kecil tolong dijaga juga ya, suaya gak gaduh, gak makan didalam area sholat dan yang satu ini nih…jangan sampai ngompol di situ, Pak Bu tolong diawasi putra-putrinya…kalau mau wisata diluar area sholat saja.

    Trims sudah boleh mampir di blognya.

  59. aji Says:

    Bro n Sis, numpang nanya Ibu Siti Chalimah Fadridjah yang Deputi Gubernur Bank Indonesia itu kan bikin mesjid di Semarang, ada yang tahu gak namanya apa?

    thx kalau ada yang jawab…

  60. RIYA LINTANTINA Says:

    seneng jawa tengah memiliki masjid yg sangat megah….klo berada disana seperti berada d tanah suci….hehehe….tanah suci indonesia.

  61. soff Says:

    masjid agund semarang bukan tempat ibadah,tp kok tempat mesum, gimana sih,tlg bagian satpam,klo tau ada yang cium2 an langsung aja di telanjangin sekalian okey,,,,

  62. arief Says:

    saya bangga menjadi orang semarang karena orang semarang mempunyai masjid yang begitu megah,tetapi saya sangat kecewa kalau masjid agung semarang kurang bisa menciptakan suasana yang islami, saran saya untuk remaja kota semarang ambilah contoh para ulama semarang yang terkenal dengan para wali yang hafal al qur’an dan jadikan masjid agung semarang dengan suasana yang islami dan qur’ani. maju terus semarang…!!

  63. soul Says:

    Kunjungan Perdana !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Salam Kenal dari KalSel

  64. alimurtadha Says:

    aslm wr wb

    lam kenal yo!

    Cuma sempat lihat, gag sempat mampir di masjid agung Jateng..

  65. abd. rofi Says:

    kira-kira menghabiskan berapa dananya

  66. sagata arch Says:

    jasa arsitek. geratis desain masjid

  67. Satyani Says:

    Wah kalo liat smua foto keren bgt…bangunannya gak kalah ma bangunan dunia. Setau aku Arsiteknya adalah anak bangsa IR. Achmad Fanani, dulu beliau lulusan UGM Jogja… Ternyata Made in Indonesia gk kalah ya sm Made in Luar.. :) Bravo Pak Fanani

  68. Garmin Says:

    hi… salam kenal semuanya.

    nice post.. :)

  69. dedy Says:

    Mas-mas akau dr Jakarta Sekitar bulan Juni ato Juli mao wisata rohani ke MAJ, boleh minta tolong sama mas-mas alamat dan No. telp. MAJT dan tempat2 nginap di Semarang. Nuwun

  70. Kurniawan Says:

    Semoga saja saya bisa kesana

  71. wong benda Says:

    Indah,,,,,,memang indah,,,,,,bagus memang bagus,,,,,,,,
    apa masjid hanya indah?????
    apa masjid hanya bersih??????
    yah pasti tidak donk,,,,,,,
    masjid agung semarang yang harusnya buat sholat,,,,,,,jama’ahnya buanyak,,,
    dan dijaga kesucian serta ketertibannya,,,,,
    masjid buat nongkrong,,,,,,,pacaran lagi,,,,,,na’udzubillah mindzalik,,,,,,,
    berkunjung si berkunjung,,,,,,tapi buat apa berkunjung kalo waktunya sholat tidak sholat,,,,,,bagaimana solusinya dong?????????????

5 Trackbacks For This Post

  1. Boku Baka Blog » Jalan-Jalan ke Masjid Agung Says:

    [...] —- Double Post : Untuk gambar2 yang lain dengan kadar narsis yang lebih rendah, silahkan lihat di Loenpia.net [...]

  2. FANY’s Freewriting » Blog Archive » Dugderan dan Boboran Says:

    [...] Tradisi dugderan di Semarang, hari ini memasuki hari terakhirnya. Jadi hari ini akan ada arak2an buat penutupan dugderan yang rutenya dari Masjid Kauman (daerah Johar) ke Masjid Agung Jateng yg keren itu..( di Jalan Gajah). Tp sayang gue gak ada waktu buat ngliput (halah, sok kayak wartawan aja!). [...]

  3. Boku Baka Blog » Miwako Says:

    [...] We decided to to go Bandungan, Jimbaran, and one place that Miwako-san is so eager to visit : Masjid Agung Jawa Tengah. And yeah, we went up to the tower [...]

  4. Loenpia dot net | Komunitas Blogger Semarang » Lomba, Pemenang, dan Kopdar… Says:

    [...] Dalam rangka menyambut kedatangan mbak Kian, beberapa Tukang Loenpia yang masih tersisa mengantar mbak Kian ke Masjid Agung Jawa Tengah. Setelah sebelumnya sempat mengisi amunisi di warung soto Tlogosari (makasih ya mbak Kian), kita langsung menyerbu Masjid Agung Jawa Tengah. [...]

  5. Saya Tambah Tinggi !! « panggil aku “..niez” Says:

    [...] kesayangan saya dari ketinggian 99 meter. Dari puncak sebuah meraya yang berdiri gagah di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) tampak pemandangan Kota Semarang yang menakjubkan. Kota kelahiran saya yang terdiri dari [...]

Leave a Reply

Tentang Loenpia

Loenpia dot net adalah wadah bagi para blogger Semarang dan sekitarnya, yang berdiri pada 15 Oktober 2005. Dengan tujuan bisa menjadi media bagi blogger yang mempunyai keahlian dan kreatifitas dalam bidang apapun, untuk bersama membangun citra Kota Semarang menjadi lebih baik dan maju.

>>> Cara Gabung Komunitas Loenpia.net

Rolin – Radio Loenpia

Kotak pesan


Loenpia.net Facebook