Categorized | Berita

Kejutan 28 XL Jadi Lahan Penipu

Posted on 07 August 2006 by ridwan

Bip bip… Ada SMS masuk

From: 818
Pelanggan Yth, No XL
anda Pemenang
Kejutan 28 XL, Uang
tunai 25 jt. U/
pengambilan hadiah
Hubungi XL Pusat
Jakarta di: 081944250088
081944250099
www.xl.co.id

Wow!! Dari 818 berarti bener nih?
Tapi jangan senang dulu, nomor 818 khan bisa dibikin :-). Cek dulu bener gak informasi ini dari situs www.xl.co.id. Alamat website yang ditulis di dalam SMS tersebut memang benar official website XL.

Namun berdasarkan informasi didapat dari salah satu link promosi, http://www.xl.co.id/Program_Promosi/Program_Promosi_bebas/Kejutan_28, acara ini sudah selesai sejak 28 Juni 2006. Hadiahnya pun bukan uang tunai 25 juta rupiah, tetapi handphone Nokia 6020 dan Motorola L6.
Rasa-rasanya mereka, para penipu, tidak pernah berhenti membodohi masyarakat dengan iming-iming hadiah besar. Bukan hanya sekali ini saya terima SMS seperti ini, namun dengan menggunakan nomor 818 di kolom From, baru kali ini saya terima. Sepertinya kemampuan mereka dalam menipu semakin meningkat.

Membuat SMS dengan pengirim tanpa nomor seperti itu tidaklah sulit, sebab banyak situs yang menyediakan layanan SMS seperti itu. Nomor Pengirim atau Nama Pengirim bisa dibuat semaunya, bermodal kartu kredit untuk pendaftaran. Cara berkirim SMS dengan cara seperti itu dikenal sebagai bulk SMS. (Baca lebih lanjut di Kompas.com)

Bahkan dari Rakyat Merdeka, saya menemukan bahwa Kejutan 28 XL sudah menjadi langganan kasus yang masuk di XL. “Belakangan ini puluhan pelanggan mengadukan hal yang sama dari si pengirim nomor itu-itu juga. Hebatnya pelaku berani menghubungi langsung dengan iming-iming hadiah menggiurkan“.
Banyaknya SMS sejenis ini dan menggunakan nomor pengirim yang disamarkan, tentu saja membuat kita-kita perlu semakin waspada. Yang pertama, pastikan Anda memang mengikuti informasi mengenai undian-undian yang diselenggarakan operator seluler. Jika tidak, periksa di website resmi masing-masing operator atau hubungi Call Center resmi dari operator seluler yang bersangkutan. Jangan pernah sekali-sekali menghubungi nomor telepon yang diberikan oleh SMS tersebut. Jika tidak benar, laporkan nomor pengirim SMS tersebut ke operator seluler atau polisi.
Kata Bang Napi “Ingat kejahatan bukan hanya timbul dari niat pelakunya, tapi juga dari adanya kesempatan. Waspadalah… Waspadalah…!!!

13 Comments For This Post

  1. dendi Says:

    jadi miris sendiri..
    di negara kita ternyata tipu-menipu dan curang-mencurang sudah jadi kebiasaaan..
    ada kasir yang curang, ada pejabat yang curang, ada tukang mi yang curang, ada tukang pijet yang curang (yang dipijet lain ;-p), ada tukang bikin sambel botol curang, ada tukang tahu yang curang, ada pengusaha yang curang, ada apotek yang curang, ada pemain sepak bola yang curang (bodycheck pake bogem mentah) dan lain sebagainya..
    tapi kok saya belum dapet yang kayak ginian yah.. padahal nomer HP saya biasanya jadi langganan spamnya 818 XL, :d

  2. boku_baka Says:

    XL kan operator yang pengertian Den, spam yang nyangkut ke kamu pasti tentang sms date seperti waktu itu kan? wuahahaha!

  3. ono Says:

    Beruntung aku memakai fasilitas Indosat “Matrix” sehingga spam pun tdk mengalir ke nomerku, hehehe…. Tetapi iklan2x lebih sering nongol sih di Matrix, mungkin nomer2x tertentu saja yg diinformasikan.

    XL, bagus nggak sih ???
    Matrix, lumayan.
    Ganti nomer nggak ya…

  4. ferryariawan Says:

    Met kenal semuaa…. baru pertama masuk ne .. :p tindakan pertama comment — soalnya g abis terima sms yang sama \:d/ hehehehe …..
    Good thing that i check first ;)) g ngecek nomernya — yang hebat — dia pake no itu terus lho — 4 hari u/ penipuan — hebat juga tuh …. ga takut dikejar ya ?? [-(

  5. Ridwan Says:

    Customer Service XL sudah saya email dan mereka sudah baca (berdasarkan receipt yang balik). Namun tidak ada komentar apapun dari mereka. 8-|
    Berarti masing-masing konsumen harus waspada sendiri. Tidak bisa mengandalkan operator cellular. [-(

    Yang kasihan adalah masyarakat kecil yang justru hidup pas-pasan :-( Mereka harus hutang ke tetangga-tetangga agar iming-iming hadiah tersebut bisa ditebus.
    Seandainya operator cellular bisa lebih perduli ke konsumen, maka hal seperti ini bisa dicegah. :-?

  6. fian Says:

    mas, mas…. kulo niki tiang cilik, cuman golek rejeki mas… mboten badhe ngapusi cuman yo niku… indonesia kan negoro kreatif engkang cepet mbudidayan hehehe…., la nggeh nek ngoten nggeh mas, mas seng pinter-pinter niku ojo niru-niru nggeh…, yo podho gawe seng genah lan akeh manfaate… rak ngono tho… :d:d

    (aku nulis opo.. kuwi, aku dewe rak mudeng je)

    [-(:)>->:d< @};-:*:-&:-$:o):@)o->o-+|-):-h8->(*)(%)%-(:-j=d>=))~o)=))[-x;;):-< *-:):d:((<):)<):)<:-p=:);):-w[-(#:-s(~~)x(o=>o->(:|(*):-ss:-ss8->:-h>:/>:/>:/>:/%-(

  7. Derry Fauzi Says:

    salam kenal, informasi yang menarik trims.

  8. ENDY KENDAL Says:

    Quis sms dari opertor xl menurut saya lebih merugikan pelanggan, karena memang ada pemenangnya apa tidak.. yg jelas untuk pemotongan pulsanya lumayan sih..

  9. Ing_Sun Says:

    Ikutan, dong. Telat, ya? Ga pa lah. Daripada tidak.
    Menyampaikan pesan kan tugas operator. Jadi, gak 100% salah operator. Tapi…, ada tapinya nih, coba operator, khususnya XL, punya kebijakan untuk tidak menyampaikan pesan (atau apa saja) yang datangnya bukan dari nomor telepon (HP) supaya kejahatan-sms bisa dikurangi. Tentu saja termasuk sms REG itu yang sebagian adalah JUDI yang dilegalkan (REG jenis kuis) dan sebagian lagi adalah LINTAH UDARA (reg jenis langganan). Semoga operator mengerti, khususnya exelcomindo yang bebas-nya kupakai.
    Dan untuk semua yang di sini, salam kenal dari panjenengan Ing_Sun …

  10. amin Says:

    barusan juga aku dapat sms dari Cust. service yang mengatakan dapat Rp. 25 juta dari semarak xL, benar pa g ya???

  11. Ridwan Sanjaya Says:

    Mas Amin lebih baik kontak ke CS resmi XL saja, jangan nomor HP yang disebutkan di SMS. Jika merasa tidak pernah mengikuti lomba – tetapi tiba tiba menang, maka kemungkinan besar sih penipuan. Kalaupun pernah ikut, Anda harus benar-baner cek ke 818 atau nomor CS yang resmi lainnya. Waspadalah… Waspadalah… :-)

  12. macho Says:

    Saya jg barusan dapat. no nya dari XL 818. ya 818. mengatakan saya dapat hadiah,25 juta. mereka mencantumkan dua no telp yang keren punya.
    saya coba telp, karena itu dari 818. maka nya saya yakin. setelah ngobrol ngalor ngidul. akhrinya saya di suruh telp 5 menit kemudian. hingga akhir nya sya kontak ke xl center di 817. jawbanya ternyata itu penipuan. untung saya nggak telp lagi, buang pulsa aja. hati hati teman teman, XL Jadi sarang penipu.

    pengen tahu cara nya jadi penipu sperti ini? saya barusan cek di net, ternyata mereka pakai jasa provider, sperti gerbang sms.

    kalokartu yang aman adalah telkomsel. tidak ada promo spam tiap hari kayak xl dan indosat. maaf saya bukan orang tsel.
    saya tahu karena saya punya hp 6 buah, untuk kerja. jadi tiap hari cek sms. dan yang paling sedikit spam nya adalah tsel. kalo indosat ama xl payah. promo terus, kadang kita deg degan saat ada sms, dikira pacar kita yang sms, eh ternyata sms sialan. jengkel aku.

    itu aja share dari saya, semoga bermanfaat dan buat yang punya blog. salam kenal.

  13. pamuji Says:

    wah memang banyak seh penipuan kayak gitu ,..klo saya yang mendapat sms seperti itu biasa saya balas sms lewat internet,ke nmr pengirim sms tadi..misalkan salah satu kata katanya begini “selamat anda mendapat seekor sapi dari providernya apa..trus silahkan hub ( nmr saya sendiri)…hehehe

Leave a Reply

Tentang Loenpia

Loenpia dot net adalah wadah bagi para blogger Semarang dan sekitarnya, yang berdiri pada 15 Oktober 2005. Dengan tujuan bisa menjadi media bagi blogger yang mempunyai keahlian dan kreatifitas dalam bidang apapun, untuk bersama membangun citra Kota Semarang menjadi lebih baik dan maju.

>>> Cara Gabung Komunitas Loenpia.net

Rolin – Radio Loenpia

Kotak pesan


Loenpia.net Facebook